"Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya." -Ki Hajar Dewantara
Murid di kelas saya sedang belajar tema rekreasi. Pada RPP yang saya buat, saya mengambil subtema “Karyawisata - Kebun Binatang”. Meskipun saya tahu, banyak di antara murid saya kemungkinan belum pernah pergi berwisata ke kebun binatang, saya ingin setidaknya mereka memiliki imajinasi akan hal tersebut. Pada RPP ini, saya melakukan diferensiasi pada proses kerja kelompok yang dilakukan oleh siswa saya. Selain itu, saya akan mengintegrasikan pembelajaran keterampilan sosial yang berfokus pada Keterampilan Pengelolaan Diri dan Relasi.
Setelah melihat kondisi kelas saya, saya
memutuskan memilih kegiatan 2M
(Menggunting dan menempel) sebagai cara untuk melakukan diferensiasi proses.
Saya akan membuat kelompok yang di dalamnya terdiri dari anggota yang pandai
menggunting dan bertugas menempel. Mereka akan bekerjasama dan berkontribusi
sesuai keahliannya untuk menyelesaikan produk. Selanjutnya, berkaitan dengan
pengembangan KSE, kerja kelompok tadi merupakan integrasinya, mereka akan
berlatih bekerjasama dengan teman lain untuk membuat karya, selain itu, saya
juga memilih metode bercerita untuk mengembangkan keterampilan Pengelolaan Diri.
Saya akan menceritakan sebuah cerita tentang “Kelinci dan Kura-kura” yang
mengadakan lomba lari. Dalam cerita ini, anak belajar untuk tidak menyepelekan
tugas yang diberikan serta tidak boleh
merasa sombong akan kemampuan, ketika ada tugas yang sulit, mereka harus bersabar
untuk mengerjakannya dan memberikan usaha yang maksimal.
*Video ini hanya untuk kepentingan PPGP.
Komentar
Posting Komentar