Aksi Nyata 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

 Nama                          : Eunike Putri Antingsari, S.Pd

Tempat tugas            : TK Filadelfia

CGP                           : Jembrana

 

LATARBELAKANG

Murid di kelas saya sedang belajar tema rekreasi. Pada RPP yang saya buat, saya mengambil subtema “Kendaraan”. Saya ingin murid saya mempelajari berbagai macam kendaraan yang sudah ataupun belum pernah mereka lihat. Saya menyadari merancang pembelajaran berdiferensiasi mungkin sedikit lebih mudah daripada mempraktikkannya, namun saya yakin dengan banyak berlatih maka saya akan terbiasa melakukannya.

 

 

STRATEGI

Setelah melihat kondisi kelas saya, saya memutuskan  memilih kegiatan mewarnai dan 2M (Menggunting dan menempel) sebagai cara untuk melakukan diferensiasi produk. Saya akan membebaskan anak memilih kegiatan mewarnai gambar kapal laut atau menggunting dan menempel kertas origami untuk memenuhi gambar kapal laut. Di sini saya juga melakukan diferensiasi konten dengan membagi anak-anak yang sesuai dengan profil belajarnya. Rata-rata anak di kelas saya adalah audio-visual. Namun ada pula yang kinestetik. Saya menyadari mood anak usia dini tidak dapat ditebak, jarang sekali mereka dapat tetap hati dalan jangka waktu yang lama untuk menentukan pilihan sehingga saya agak kesulitan melakukan pemetaan yang spesifik. Akhirnya saya memutuskan untuk membebaskan pilihan mereka hari itu juga.




*Video ini hanya untuk kepentingan PPGP. 

Komentar