Nama : Eunike Putri Antingsari, S.Pd
Tempat tugas :
TK Filadelfia
CGP : Jembrana
LATARBELAKANG
Murid di kelas saya sedang belajar tema
rekreasi. Pada RPP yang saya buat, saya mengambil subtema “Kendaraan”. Saya
ingin murid saya mempelajari berbagai macam kendaraan yang sudah ataupun belum
pernah mereka lihat. Saya menyadari merancang pembelajaran berdiferensiasi
mungkin sedikit lebih mudah daripada mempraktikkannya, namun saya yakin dengan
banyak berlatih maka saya akan terbiasa melakukannya.
STRATEGI
Setelah melihat kondisi kelas saya, saya memutuskan memilih kegiatan mewarnai dan 2M (Menggunting dan menempel) sebagai cara untuk melakukan diferensiasi produk. Saya akan membebaskan anak memilih kegiatan mewarnai gambar kapal laut atau menggunting dan menempel kertas origami untuk memenuhi gambar kapal laut. Di sini saya juga melakukan diferensiasi konten dengan membagi anak-anak yang sesuai dengan profil belajarnya. Rata-rata anak di kelas saya adalah audio-visual. Namun ada pula yang kinestetik. Saya menyadari mood anak usia dini tidak dapat ditebak, jarang sekali mereka dapat tetap hati dalan jangka waktu yang lama untuk menentukan pilihan sehingga saya agak kesulitan melakukan pemetaan yang spesifik. Akhirnya saya memutuskan untuk membebaskan pilihan mereka hari itu juga.
*Video ini hanya untuk kepentingan PPGP.
Komentar
Posting Komentar